Pages

Wednesday, August 16, 2023

Referensi Lomba 17an

Yo yo yo.... Selamat memperingati hari kemerdekaan Indonesia untuk kalian seluruh warga negara Indonesia baik yang swasta maupun negri, baik yang luar negeri maupun dalam negeri. Besok tepat 78 tahun Indonesia merdeka, kita jangan sampai terlambat untuk menghadiri upacara kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. Ya, admin paham pikiran kalian, kalian pasti besok mencari spot strategis dalam barisan kalian. Dan spot strategis itu tidak lain dan tidak bukan adalah barisan paling belakang dekat abang cilok dan abang es kelapa muda, iya kan? Hehehe bercanda.

Dalam memperingati acara 17an, kita tak luput dari yang namanya lomba 17an. Di setiap daerah pasti ada lomba 17an. Maka dari itu, admin akan memberikan referensi lomba 17an, siapa tahu kalian mau merealisasikannya di daerah kalian masing-masing. Silahkan dipilih.

Yang pertama admin pilih adalah, lomba tarik tambang. Kenapa admin memilih lomba tarik tambang? Karena lomba tarik tambang adalah lomba yang mencerminkan budaya kita, gotong royong. Selain itu, tarik tambang juga bisa dimainkan oleh semua kalangan, usia, bahkan berat badan. Jadi ini cocok dan bisa menjadi pilihan lomba di daerah kalian.

Selanjutnya, lomba makan kerupuk. Ada yang versi biasa yang dimana krupuk digantung dengan tali lalu dimakan tanpa menggunakan tangan. Ada juga yang versi lain seperti tali gantungan kerupuk ditalikan ke kaki, jadi selain tidak menggunakan tangan, ketinggian kerupuk juga dapat diatur dengan mengangkat salah satu kakinya. Dan, ini rekomendasi admin yang belum pernah admin temui adalah lomba makan kerupuk dengan ditutup matanya. Wah... Mungkin akan jadi seru. Nah, makna dibalik lomba makan kerupuk ini adalah kita harus berjuang untuk makan.

Next, lomba panjat pinang. Kita sudah sering melihat lomba panjat pinang, tetapi kita sering lupa makna dibalik itu. Admin akan mencoba menjelaskan makna lomba panjat pinang ini. Makna lomba panjat pinang ini adalah hidup dibawah itu begitu berat dan susah, apalagi kamu kecil dalam segala hal. Dan hidup ketika diatas itu enak, jalan untuk semuanya mudah, meski pada saat ditengah karir kalian yang diatas begitu sangat merepotkan yang hidup dibawah. Makanya usahakan ketika kalian berada diatas, jangan lupa untuk melihat kebawah dan memberikan sebagian milik kalian untuk yang dibawah.

Dan terakhir adalah lomba memisahkan kelereng dalam air dengan garpu. Caranya adalah, kelereng dimasukkan kedalam wadah seperti baskom lalu diisi air hingga penuh. Lalu kelereng harus diambil dengan menggunakan garpu untuk dipisahkan dan dimasukkan kedalam wadah kering dengan jarak 5 langkah dari baskom. Nah tujuan dari lomba ini adalah, mengingatkan kepada kita bahwa membersihkan lingkungan kita itu sulit meski ada alat dan usaha. Meski sudah merdeka selama 78 tahun, lingkungan sekitar kita masih kotor dan susah dibersihkan walaupun sudah banyak wacana. Terutama sungai, laut, pantai, dan selokan di depan rumah maupun di wilayah kita.

Demikian sedikit referensi lomba 17an dari admin, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan rujukan lomba 17an di daerah kalian. Admin turut berbangga karena negara Indonesia ini masih merdeka hingga 78 tahun ini. Dan admin turut prihatin dengan negara ini, karena sampah yang tidak pada tempatnya begitu banyak dan semakin tak terkendali baik itu sampah hidup seperti koruptor maupun sampah mati seperti plastik. Terimakasih untuk kunjungannya dan suport kalian untuk blog ini. Semoga admin bisa lebih rajin membuat postingan dan semoga juga kalian tidak bosan dengan membaca artikel artikel yang ada di blog ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

ISIKAN KOMENTAR ANDA DISINI