Pages

Saturday, July 15, 2017

Hardfork Bitcoin. Sukses atau Gagal?

Hasil gambar untuk hardfork bitcoin
Isu fundamental tentang hardfork begitu santer hari-hari ini. Mungkin karena sudah saatnya untuk beralih ke dunia baru, dari bitcoin (BTC) menjadi bitcoin unlimited (BTU). Hal apakah yang menjadi sebab, sehingga harus beralih? Alasan utama dari kasus ini adalah kecepatan dalam transaksi.

Dunia bitcoin dewasa ini banyak diminati oleh banyak kalangan, baik untuk pekerja, maupun pebisnis. Semakin bertumbuh pesatnya peminat bitcoin, hal ini mengakibatkan lalu lintas bitcoin menjadi ramai didalam blockchain. Dampak yang sangat nyata adalah kecepatan transaksi menjadi menurun. Yang awalnya sekitar 15 menit, kini bisa menjadi lebih dari 1 jam dengan biaya transaksi yang tetap.

Semua itu dikarenakan kapasitas dari satu block bitcoin hanya sekitar 1 mb, dan itu bersifat permanen. Maka dari itu mulai diadakan terobosan baru untuk meningkatkan kapasitas blocknya, hal itu yang diharapkan dari pelaku yg sering melakukan transaksi bitcoin dengan jumlah besar. Sehingga, muncul yang namanya bitcoin unlimited dengan kapasitas block 10 mb.

Mungkin untuk pelaku yang melakukan transaksi dalam jumlah besar ini adalah kabar yang baik. Lalu bagaimana dengan penambang bitcoin? Untuk mewujudkan hal tersebut, pastinya membutuhkan kemampuan alat yang lebih bagus untuk menyelesaikan block-block yang ada dalam mining. Dengan meningkatkan alat mining, tentu faktor lain juga ikut dipikirkan, seperti biaya pembaharuan alat dan biaya pendukung untuk melakukan mining, contoh : biaya listrik dan biaya koneksi internet.

Hasil gambar untuk bitcoin

Bagaimana dengan harga bitcoin unlimited, apakah sudah bisa menutup semua biaya untuk mining tadi atau belum? Bisalah kita menganalisa sendiri hal tersebut. Jika sudah sekarang bagaimana dengan penambang yang baru mulai baru sekitar satu bulan? Kebanyakan besar pasti akan tetap kukuh dengan bitcoin, dikarenakan alat untuk menambang sudah terlanjur dibeli dan modal untuk membeli peralatan juga belum balik.

Jika hal itu dipaksakan, hal seperti kebangkrutan untuk penambang jelas bakal terjadi. Karena yang biasanya seminggu bisa mendapatkan 1 bitcoin, kemungkinan besar yang diperoleh menjadi 0,1 bitcoin unlimited, itu karena kapasitas block antara BTC dengan BTU berbeda. Sedangkan harga bitcoin unlimited kemungkinan besar hanya separo dari harga bitcoin. Hal tersebut dikarenakan ini masih tergolong koin baru, dan dana yang datang ke bitcoin unlimited tidak lain adalah sebagian dana dari bitcoin.

Jadi kesimpulan untuk hasil hardfork bitcoin untuk awal bulan agustus ini bisa disimpulkan sendiri. Mari kita ikuti hasil akhir dari kasus hardfork ini. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa subscribe dan share ke orang terdekat kalian jika dirasa ini memberi pencerahan untuk anda.

No comments:

Post a Comment

ISIKAN KOMENTAR ANDA DISINI