Pages

Monday, September 12, 2016

Cara Mudah Mengetahui Listrik Pada Kabel Tanpa Alat Bantu

Listrik adalah sumber utama dalam pengoperasian alat elektronik yang kita miliki. Listrik dapat mengalir apabila ada hantaran dan juga adanya beda potensial. Hantaran listrik ada berbagai macam, mulai dari udara, air, garam, tembaga, besi, dan lain sebagainya. Listrik tidak dapat mengalir pada suatu benda yang bersifat isolasi. Benda yang memiliki sifat isolasi pada umumnya adalah benda yang bahan utamanya terbuat dari bijih karet, seperti plastik, dan karet. Sehingga dalam pembuatan pengaman bahan konduktor (bahan yang dapat menghantarkan listrik), sering kita jumpai bahan tersebut dibungkus oleh bahan isolator. Contoh yang sering kita jumpai adalah kabel dalam rangkaian instalasi rumah tangga kita, dan juga kabel-kabel alat elektronik kita.
Dari kabel rumah tangga dan kabel elektronik kita tadi, kita dapat menikmati listrik dalam kehidupan sehari-hari kita. Perlu kita ketahui, sebenarnya listrik adalah suatu hal yang tidak nampak akan tetapi dapat kita rasakan keberadaannya. Berarti disini listrik memiliki sifat yang sama dengan hantu, yaitu tidak nampak dan dapat kita rasakan keberadaannya. Listrik sebenarnya memiliki dua sisi, yaitu sisi baik dan sisi buruk. Menurut saya hal ini wajar, karena semua hal yang ada dimuka bumi ini pasti memiliki dua sisi, baik itu sisi baik maupun sisi buruk. Contoh sederhana, kita tahu bahwa air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk yang hidup (yang memiliki nyawa). Berarti disini kita tahu sisi baik daripada air. Akan tetapi, air yang jumlahnya berlebihan dapat membunuh makhluk yang hidup. Contoh sederhananya adalah jika kita minum terlalu banyak air pada saat kita berenang ditengah danau ataupun ditengah laut, kita akan mengalami hilang kesadaran (pingsan) sampai meninggal dunia.
Dari hal tersebut maka kita tahu betul apa resiko yang akan kita hadapi jika kita berhubungan dengan listrik. Baik listrik bertegangan tinggi maupun listrik bertegangan kecil semua memiliki resiko, tinggal bagaimana cara kita meminimalisir resiko tersebut. Keuntungan atau sisi baik dari listrik adalah kita dapat mengoperasikan suatu hal yang membutuhkan sumber listrik. Sedangkan kerugiannya atau sisi buruknya, kita tidak dapat mengoperasikan suatu hal yang membutuhkan sumber listrik. Apabila kita berdekatan atau bersentuhan dengan penghantar yang dialiri listrik maka kita bakal tersengat olehnya. Kemungkinan terburuk dari sengatan itu adalah kematian bagi diri kita.
Lalu bagaimana agar kita aman dalam menghadapi situasi tersebut, situasi dimana kita berdekatan atau bersentuhan dengan penghantar yang dialiri listrik. Pada seringnya kasus, kita tersengat listrik pada penghantar (kabel) dikarenakan ketidak tahuan kita akan adanya listrik pada kabel tersebut. Kita dapat mengetes atau mengecek kabel dengan alat bantu seperti AVOmeter. Bagaimana jika dalam kondisi ini kita tidak memiliki alat bantu? Pasti kita akan mencari bantuan atau berusaha mencari pinjaman alat kepada tetangga atau teman terdekat di sekitaran kita. Lalu bagaimana jika pada saat itu kita dihadapkan dengan situasi dimana kita tidak memiliki alat bantu, dan juga kita dalam kondisi sendiri. Apakah kita akan pasrah, dan menunggu takdir tanpa harus mencoba berusaha bagaimana agar kita tahu kondisi kabel tersebut.
Jika kita menjawab tidak, dan kita berusaha untuk mencoba mengetahui kondisi kabel tersebut, apaka ada listriknya atau tidak. Maka tidak salah jika kita memberanikan diri untuk menyentuh kabel tersebut. Kita sudah tahu resiko dari tindakan menyentuh kabel kita tadi. Ya, resiko dari menyentuh kabel yang tidak berisolasi adalah kita akan tersengat, apabila kabel itu ternyata dialiri listrik. Jika kita salah dalam memegang kabel, maka resiko terburuknya adalah kita mati tersengat. Pada banyaknya kasus tersengat listrik, kasus yang terjadi adalah karena kabel masih dalam genggaman tangan.
Jika kita ingin mengetes listrik tanpa alat, cara aman atau cara terbaiknya adalah dengan menggunakan tangan kiri kita. Hal itu disebabkan karena menurut Art Margolis dalam bukunya yang berjudul Electrical Wiring, halaman 56 menyebutkan bahwa, aliran kejut listrik pada tubuh kita:
-     ->  Kejut listrik yang melalui tangan kanan akan disalurkan menuju kaki kiri kita, dan listrik akan melewati jantung kita sehingga terjadi vebrilasi ventriculasi.
-     ->   Kejut listrik yang melalui tangan kiri akan disalurkan menuju kaki kanan kita, dan listrik tidak melewati jantung kita sehingga tidak terjadi vebrilasi ventriculasi.
Vebrilasi ventriculasi adalah sebutan untuk terganggunya denyut jantung akibat kejut listrik yang terjadi pada tubuh manusia dalam periode tertentu. Selain menggunakan tangan kiri, kita juga harus menggunakan punggung telapak tangan kita. Hal itu dikarenakan bahwa tubuh manusia memiliki kandungan zat besi pada darah mereka. Kita tahu bahwa listrik itu memiliki medan magnet sendiri. Jadi apabila besi bertemu dengan magnet, akan terjadi yang namanya gaya tarik magnet terhadap besi. Jadi dari pengertian tersebut, kita dapat mengetahui kenapa orang yang tersengat listrik pada saat memegang kabel akan cenderung tidak dapat melepaskan kabel dari genggaman. Alasan mudah kenapa kita harus mengecek atau mengetes kabel dengan punggung telapak tangan kita adalah karena persendian tangan kita tidak dapat membelok kearah punggung telapak tangan kita.
Begitulah penjelasan dari “Cara Mudah Mengetahui Listrik Pada Kabel Tanpa Alat Bantu”. Kesimpulannya adalah apabila kita tidak memiliki alat dan kita ingin mengetahui listrik pada kabel maka gunakanlah punggung telapak tangan kita dan gunakanlah tangan kiri. Hal itu dimaksudkan agar kita dapat meminimalisir resiko dari sengatan listrik. Selamat mempraktekkan, dan jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel dari web ini. Komentar yang membangun sangat diperlukan penulis guna memperbaiki kualitas artikel dikemudian hari. Terimakasih dan salam dari penulis untuk pembaca.

2 comments:

  1. Bang kayanya ada yang keliru pada bagian kejut listrik yang melalui tangan kanan sama yang tangan kiri. seharusnya yang mengalami vebrilasi ventriculasi seharusnya tangan kiri.

    ReplyDelete

ISIKAN KOMENTAR ANDA DISINI