Pages

Wednesday, August 13, 2014

Setrika kurang panas? Gampang!

Baju menjadi hal yang sering sahabat perhatikan ketika mau bepergian, misalnya seperti apel kerumah sang pacar ataupun kalau mau pergi kondangan. Apabila baju yang kita kenakan kusut, kita menjadi merasa minder untuk pergi keluar. Serasa begitu sangat penting kita dengan hal penampilan terutama dalam hal berpakaian. Karena pakaian kita kusut, kita menjadi kepikiran dengan satu barang yang sering kita andalkan untuk masalah pakaian kusut, yaitu setrika. Setrika memiliki banyak jenis, mulai dari setrika listrik sampai setrika arang.

Setrika arang mungkin sudah menjadi suatu barang antik untuk jaman sekarang. Selain barangnya yang langka, arang yang digunakan untuk setrika jenis ini juga susah untuk didapatkannya. Bagi sahabat yang masih memilikinya mungkin lebih mengerti cara penggunaan dan cara memperbaikinya jika barang ini (setrika) mulai tidak panas. Setahu saya, cara untuk mengatasi setrika ini jika dalam keadaan kurang panas adalah dengan cara mengipasi arangnya. Apabila arang sudah tidak ada bara apinya, sahabat bisa membakar arangnya lagi agar arang tersebut dapat menghasilkan bara api lagi yang kita gunakan untuk menghangatkan setrika kita. Apaila setrika sudah selesai digunakan, jangan lupa untuk membuang abu yang menempel pada setrika kita, hasil dari arang yang terbakar oleh bara api yang dihasilkan ketika menyetrika tadi. Kenpa kita lakukan ini? Karena agar setrika kita dapat awet untuk penggunaannya dan agar suhu panas setrika kita tidak berubah ketika kita gunakan lagi.

Lalu bagaimana jika sahabat memiliki setrika listrik dan ingin meningkatkan suhu panasnya? Cara agar setrika listrik memiliki suhu yang lebih panas adalah dengan memutar pengatur suhu yang ada pada setrika listrik sahabat. Jika dalam kondisi ini setrika listrik sahabat masih dalam kondisi kurang panas, sahabat dapat memperbaikinya sendiri agar suhu setrika listrik dapat meningkat. Cara memperbaikinya adalah, sebagai berikut :
  1. Agar kita bisa meningkatkan suhu setrika listrik kita, kita harus membongkarnya terlebih dahulu. Karena kita akan melakukan perubahan pada setrika listrik kita, yaitu perubahan suhu setrika kita.
  2. Setelah kita bongkar, kita dapat mengumpulkan baut pada kelompoknya masing-masing. Kenapa kita lakukan ini? Karena ini biarpun sepele tetapi ini begitu memberikan pertolongan kepada kita disaat kita memasang kembali komponen-komponen setrika sehingga setrika balik kedalam bentuk seperti semula.
  3. Teluri bagian pengatur suhu pada setrika listrik sahabat tadi. Jika sudah ketemu ujungnya (baut pengatur suhunya, putarlah kearah kanan atau kiri hingga baut mendekati kencang.
  4. Aturlah sesuai keinginan sahabat, jika ingin suhu bertambah panas maka putarlah kearah baut tersebut mendekati kencang. Dan apabila sahabat ingin mengurangi suhu pada setrika listrik sahabat, sahabat tinggal memutar balik baut pengatur suhu tadi.
  5. Jika sudah sesuai dengan keinginan sahabat, jangan lupa untuk memasang kembali elemen-elemen yang sudah sahabat copot tadi sesuai dengan penempatan semula.
  6. Jika sudah terpasang semua dan sudah berbentuk setrika listrik lagi, jangan lupa untuk mencobanya sahabat.
Demikian cara meningkatkan suhu maupun mengurangi suhu pada setrika listrik sahabat. Semoga setrika listrik sahabat bisa menjadi lebih baik dalam pengoperasiannya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya ya sahabat. Trimakasih  untuk kunjungannya dan trimakasih pula untuk komentar dan share-nya semoga dapat membantu sahabat.


catatan : Ini akan berimbas dengan performa setrika listrik sahabat (sudah tidak seperti setelan pabrik).

1 comment:

ISIKAN KOMENTAR ANDA DISINI