Pages

Friday, August 22, 2014

Taman Rerekreasi Tadah Hujan

Hai sahabat, apakah kalian tahu dimana letak desa Sukolilo? desa yang terletak di kecamatan sukolilo kabupaten pati ini memiliki begitu banyak tempat atau lokasi yang layak untuk dikunjungi. Meskipun saat ini masih banyak tempat disana yang belum dikelola, akan tetapi di desa ini juga memberikan wisata yang berbeda. Disini saya akan menceritakan salah satu tempat wisata di daerah ini yaitu Taman Rekreasi Tadah Hujan.

Taman rekreasi tadah hujan ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan air terjun dan kolam renang. Disini sahabat juga dapat menikmati panorama pegunungan kendeng dan juga jika sahabat beruntung, sahabat dapat melihat indahnya gunung muria dari lokasi ini. Taman rekreasi tadah hujan, selain memiliki keindahan air terjunnya juga memiliki kolam alami, atau bisa disebut dengan nama kedung. Ada dua kedung ditempat wisata ini, para penduduk menyebutnya kedung lanang (kedung laki-laki) dan kedung wedok (kedung perempuan). Untuk kedung wedok ini terletak tepat di bawah air terjunnya. Di kedung wedok ini terasa sejuk dan nyaman, karena diatas kedung ini terdapat pohon besar yang membuat sinar matahari susah untuk melewatinya. Dulu kedung wedok ini memiliki kedalaman lebih dari 12 meter, untuk ukuran sekarang mungkin bisa lebih bisa kurang karena belum ada yang melakukan penelitian lagi.

Sedangkan untuk kedung lanang ini letaknya berjauhan dengan kedung wedok. Mungkin disini tak seteduh kedung wedok, akan tetapi disini sahabat bisa leluasa untuk berenang. Karena di kedung lanang ini, bentuknya seperti kolam renang yang melingkar yang berdiameter kurang lebih 30 meter. untuk sahabat yang baru bisa berenang atau yang belum bisa berenang, saya sarankan untuk tidak berenang di lokasi ini. Karena di kedung lanang ini kedalamannya tak jauh berbeda dengan kedung wedok. Mungkin saat ini di kedung lanang kedalamannya mencapai kurang lebih 8 meter. Memang dari luar area kedung lanang ini, kita melihat kedung lanang ini dangkal. Tetapi sebenarnya itu tidak dangkal,  melainkan airnya yang jernih mengakibatkan dasar dari kedung ini dapat terlihat. Kalau sahabat beruntung, sahabat dapat melihat biawak liar yang berenang di kedung lanang ini, atau mungkin satwa-satwa lain.

Air terjun tadah hujan ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter. Biarpun tidak begitu tinggi seperti air terjun niagara atau yang lainnya, akan tetapi sahabat dapat melihat pelangi di sekitar air terjun ini setiap cuacanya cerah. Dilokasi ini juga, sahabat dapat melihat tebing yang terbentuk secara alami maupun secara buatan. Untuk sahabat yang ingin melihat tanah kapur, juga bisa ke taman rekreasi tadah hujan ini. Karena tanah dilokasi taman rekreasi tadah hujan ini adalah tanah kapur. Untuk sahabat yang ingin berenang atau latihan berenang secara aman dan nyaman, dapat menikmatinya dikolam renang buatan di taman rekreasi tadah hujan ini. Selain nyaman dan aman, sahabat dapat menikmati sensasinya berenang diatas tebing ini. Taman rekreasi tadah hujan ini cocok untuk liburan dengan keluarga, teman, pacar, ataupun yang lainnya. Alamat detailnya adalah Dukuh Sanggrahan RT.02 RW.09 Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Demikian info wisata hari ini, sahabat yang ingin mengunjunginya dapat kesana setiap hari. Selamat berwisata.

No comments:

Post a Comment

ISIKAN KOMENTAR ANDA DISINI